Pages

Friday, April 23, 2010

Install Openoffice.org di PclinuxOS 2009.2

hallo pengguna open source semua !!
Malam ini baru saja memperaktekan instalasi file .rpm di pclinuxos yang baru saja saya install.. sebenrnya saya pengguna fanatik ubuntu tapi saya penasaran dengan linux yang base.nya .rpm maka aku pun install pclinuxos di lappie ku... pclinuxos aku dual boot dengan ubuntu.
Okeh kita kembali ke pokok bahasan "cara install openoffice di pclinuxos"
carannya sebagai berikut:

1. download dulu aplikasinnya di openoffice.org

2. masuk console sebagai root trus extrack file OOo_3.2.0_LinuxIntel_install_wJRE_en-US.tar.gz ke home folder dengan cara mengetikan "tar xvzf OOo_3.2.0_LinuxIntel_install_wJRE_en-US.tar.gz"(tanpa tanda petik) atau klik kanan di filenya lalu extrack here.

3. masuk console, kemudian masuk ke folder yang tadi telah di extrack dengan mengetikan "cd OOo_3.2.0_LinuxIntel_install_wJRE_en-US"(tanpa tanda petik)

4. masuk lagi ke folder RPMS dengan mengetikan "cd RPMS/"(tanpa tanda petik)

5. ketikan di console "rpm -ivh *.rpm"(tanpa tanda petik) --> tunggu sampai selesai


6. atau buka folder yang tadi telah di extract , terus cari file yang bernama setup, kemudiaan duoble klik , trus ikuti langkahnya (sama seperti instalasi di window)..

oke semoga berhasil :)

No comments:

Post a Comment